Koperasi Kebun Sinar Kencana > Unit Usaha > Takasima

 
 
 
 
 
 
 
 

Takasima

 

      Yang dimaksud Takasima adalah Singkatan dari Tabungan Kelapa Sawit Mandiri. Sebagai inti usaha Koperasi KJKS KM,  Takasima merupakan unit usaha dalam bidang perkebunan Kelapa Sawit, mengelola perkebunan kelapa sawit mulai dari menyediakan lahan,bibit,menanam, merawat, memanen sampai dengan ke penjualan buah. Yang menjadi investor adalah petani/mitra usaha, yang dimaksud petani/mitra usaha adalah pekerja/buruh tani, tukang parkir, karyawan swasta,pegawai negri,sampai yang mempunyai jabatan dipemerintahan maupun diperusahaan besar yang berdomisili diseluruh Indonesia bahkan Luar Negri. Intinya Takasima mempunyai tujuan membantu masyarakat yang berminat memiliki kebun dengan system menabung (angsuran) yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. Keuntungan yang diperoleh Koperasi dari mengelola Takasima adalah fee dari mitra usaha setelah tanaman produksi dengan perhitungan yang sewajarnya. System menabung selama 40 bulan meliputi Bulan pertama Pembelian Lahan,Bulan kedua Biaya pembukaan Lahan,Bulan ketiga Pembelian bibit, bulan keempat Biaya tanam, bulan kelima sampai bulan ke empat puluh biaya perawatan (tabel angsuran terlampir dibrosur pada halaman berikutnya),bulan ke empat puluh satu sudah mulai berbuah dan mulai bagi hasil ke pemitra. 
Takasima berkembang tahap demi tahap sesuai perkembangan pemitra dan tahun tanam.
-          Tahap 1 tahun tanam 2006/2007 dengan jumlah pemitra 24 orang total luasan 148 ha, lokasi kebun di Desa Kuwari Kecamatan Kelumpang hulu Kab. Kotabaru seluas 74 ha, Desa Sungai Kecil Kecamatan Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu seluas 74 ha tanaman thn 2008/2009. Tahap 1 thn tanam2006/2007 sebagai langkah awal berkembangnya Takasima sudah terbukti dan sudah dirasakan pembagian hasil oleh Pemitra mulai bulan juli 2009. dan produksi/hasil buah sawitnya dari tahun ketahun mengalami peningkatan.
-          Tahap 2 tahun tanam 2009/2010, Bersumber dari tahap 1 yang sudah berjalan dan informasi dari mulut kemulut serta brosur yang disebarkan disertai sosialisasi ke petani, maka terkumpullah pemitra yang bergabung sebanyak 224 orang dengan total luasan 466 ha, yang lokasi kebunnya berada di Ds. Banua Lawas, Kec.Kelumpang Hulu, Kab. Kotabaru seluas 37 ha, Di Ds. Bungkukan Kec. Kelumpang Barat, Kab. Kotabaru seluas 292 ha, Di Ds. Siayuh, Kec. Kelumpang Barat, Kab. Kotabaru seluas 173 ha.
-    Tahap 3 tahun tanam 2011-2012 saat ini sedang dalam pengembangan dan mencoba berusaha untuk bekerja sama dengan perbankan memanfaatkan kredit lunak dari pemerintah. Sehingga pemitra tidak dibebani lagi dengan iuran tapi bisa diperingan dari kredit perbankan.
-          Ditahun 2011 rencana pengembangan Takasima membuka lahan di Ds. Sungai Dua kecamatan Simpang Empat, Kab. Tanah Bumbu seluas350ha.

 

Submenu

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
www.sawittakasima.net

Pilihan Bahasa